Hargailah hasil karya orang lain dengan tidak sembarangan menyalin isi postingan blog tanpa mencantumkan sumbernya. (Menyalin tanpa mencantumkan sumber adalah tindak kejahatan intelektual)

Jumat, April 20, 2012

5 Peralatan Dapur Dulu dan Kini


Memasak memang kegiatan yang pasti ditemui disetiap keseharian hidup manusia demi memenuhi kebutuhan utama yaitu makanan.

Pastinya baik para wanita maupun laki - laki (juru masak contohnya. Karena masih ada yang berpendapat memasak itu hanya kegiatan wanita) yang memasak sering kali menggunakan peralatan masak untuk dapat menyajikan makanan (kecuali nomor 3). Baik itu untuk merebus, membakar, menggoreng atau apapun.
Peralatan dapur pun juga mengikuti perkembangan waktu dan zaman demi membuat praktis dalam menyajikan makanan. Memang dari beberapa daftar dibawah ini, masih ada yang digunakan hingga kini.

Berikut 5 Peralatan dapur dulu dan kini versi Anekdot ..

1. Tungku VS kompor listrik dan Gas

(tungku - kompor listrik)

Jauh sebelum ditemukannya listrik, gas dan sumber energi lainnya, orang - orang menggunakan tungku (kompor) yang terbuat dari batu dengan berbahan bakar kayu bakar yang biasa dicari di hutan. Hingga kini, masih ada yang menggunakan tungku tersebut. Jangan salah, katanya rasa masakan akan lebih enak ketimbang menggunakan kompor yang ada sekarang.

2. Dandang nasi VS Magic Jar

 (Dandang nasi - Magic Jar)

Dandang nasi adalah sejenis panci besar yang terbuat dari stainless steel / alumunium yang dimasak diatas kompor / tungku. Biasanya orang menunggu dengan perhatian penuh agar beras yang dimasak tidak gagal.

Magic jar atau orang ada yang memanggilnya magic com. Adalah peralatan yang 'lagi - lagi' memerlukan listrik untuk mengoperasikannya. Beras dimasak lalu Anda bisa mengerjakan yang lainnya, nanti secara otomatis Magic jar akan berpindah posisi menjadi mode "warm" atau menghangatkan jadi nasi sudah siap dimakan.

3. Penggilasan "papan cuci" VS mesin cuci.

(Penggilasan "Papan cuci" dan mesin cuci)

Penggilesan (sebut saja begitu karena tidak ada nama resminya) dulu digunakan untuk membersihkan pakaian orang - orang dengan menggunakan tenaga manusia dan sedikit deterjen. Hingga kini masih banyak yang menggunakan alat ini sebagai alat cuci.

Kenapa masuk ke kategori peralatan dapur? ada sebagian rumah yang meletakkan proses cuci mereka di bagian dapur yang rata - rata terletak di belakang.

Nah, rival nya adalah mesin cuci yang kembali menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Hanya tinggal menekan tombol lalu masukkan deterjennya dan semuanya diputar didalam tabung kemudian dicuci.

4. Cobek VS Blender

(Cobek - Blender)
Sekarang kita lihat dari fungsinya, kedua benda ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menghaluskan bumbu - bumbu namun berbeda lagi sumber energinya. Kalau cobek / ulekan, kita harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengangkat batu dan menekan seluruh bumbunya. Berbeda dengan blender, yang menggunakan mesin, otomatis listrik menjadi sumber daya untuk menjalankannya.

5. Kendi VS Dispenser
(Kendi VS Dispenser)
Fungsi nya sama, yaitu menjadi wadah tempat air minum untuk diteruskan ke gelas, tapi dispenser punya kelemahan, yaitu tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya galon. Namun, dispenser dapat menyajikan air hangat tanpa harus di masak terlebih dulu. Sedangkan kendi, tergantung dari air yang masuk apakah dia sudah matang atau belum. Jadi, rasanya dua alat ini seimbang antara kelebihan dan kekurangannya.
Itulah tadi 5 peralatan dapur dulu dan kini yang dipakai dalam kehidupan sehari - hari. Meski memiliki kekurangan dan kelebihan, peralatan ini tetaplah memiliki fungsi yang dapat membantu dalam kegiatan kita sehari - hari.
Semoga bermanfaat.

2 Komentar:

Wah.. yang modern serba listrik y...

Sekedar tambahan nih..
wajan api dengan wajan listrik...
Lalu ada lagi teko air dengan teko/pemanas air listrik.
Semakin modern memang semakin praktis ya....

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, gunakanlah nama asli Anda dan berkomentarlah dengan kata - kata yang sopan tanpa ada unsur pornografi. Untuk feedback lebih lanjut silahkan kunjungi tombol SUPPORT disebelah kanan halaman Anda.