Hargailah hasil karya orang lain dengan tidak sembarangan menyalin isi postingan blog tanpa mencantumkan sumbernya. (Menyalin tanpa mencantumkan sumber adalah tindak kejahatan intelektual)

Jumat, Februari 24, 2012

7 Usaha yang Dekat dengan Anak 'Sekolahan

Kategori : Top 7, Unik,

Gedung sekolah terasa hampa dalam satu lingkungan jika hanya berdiri sendiri. Tentu ada berbagai usaha atau 'dagangan' yang cukup laris dan berdiri disekitar lingkungan tempat gedung sekolah tersebut berdiri.

Tapi tahukah Anda?.. biasanya, anak sekolahan khususnya siswa SMA tidak hanya jajan makanan ringan saja. Mereka juga butuh bantuan jasa / penjualan beberapa barang tertentu untuk mendukung kegiatan sekolah mereka.

berikut 7 usaha terlaris yang dibangun disekitar gedung sekolah

1. Usaha Fotocopy dan ATK (Alat Tulis Kantor)

Menggandakan ulang soal - soal ataupun materi belajar sudah menjadi hal umum bagi para pelajar terutama siswa SMA. Bahkan, siswa kelas 3 pun sangat membutuhkan usaha ini. Maklum, mereka pasti membutuhkan salinan soal - soal Try out ataupun materi untuk dipelajari sebagai bahan belajar untuk Ujian Nasional yang akan mereka hadapi.

Inilah yang dimanfaatkan oleh pengusaha jasa fotocopy dan ATK (Alat tulis kantor). Mereka rata - rata tertarik membangun usahanya didepan gedung sekolah baik SD, SMP bahkan SMA.

Bahkan, ada anekdot yang mengatakan bahwa inilah usaha yang paling sering 'bareng' dengan gedung sekolahan.

2. Jasa Warnet / Pengetikan

Terkadang, ada siswa sekolah yang tidak sempat membuat atau mencetak tugas mereka. Oleh karena itu, usaha ini juga tumbuh subur disekitar gedung sekolah SMA karena sering dimanfaatkan oleh para siswa yang tidak sempat membuat tugas untuk membuat tugas di warnet atau jasa pengetikan.
Khusus warnet, kadang tempat ini malah menjadi tempat 'cabut' atau bolos dari para siswa yang menghindar dari kegiatan sekolah. Dan itulah negatifnya.

3. Usaha isi ulang pulsa

Jangan kaget, karena sebenarnya pelajar yang sudah bebas memegang ponsel / HP terkadang sangat membutuhkan pulsa untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga atau dengan orang lain.

entah karena memang sengaja atau tidak, beberapa sekolah menyisipkan usaha pengisian pulsa di koperasi sekolah.

Karena mau tidak mau, Pulsa merupakan kebutuhan bagi para pengguna handphone, apalagi para pelajar yang haus akan informasi.
4. Warung nasi

Jajanan di kantin sekolah terkadang terasa membosankan, oleh karena itu ada inisiatif bagi para siswa sekolah untuk membeli makanan diluar. Inilah motif para pengusaha warung nasi untuk memulai bisnis mereka. Dengan beberapa menu yang bisa diterima oleh lidah dan kantong para pelajar, usaha ini menarik minat para pelajar untuk sekedar membeli makanan disana. Oleh karena itu, usaha ini laris di sekitar sekolah baik SMP maupun SMA.

Tapi buruknya, warung nasi seperti warung tegal misalnya, suka digunakan oleh siswa sekolah untuk kegiatan 'merokok' secara diam - diam.

5. Jajanan
Yang namanya anak - anak atau bahkan remaja, pasti suka 'jajan'. Kegiatan membeli makanan ringan ini sudah identik dengan anak sekolahan. Variasi makanan atau minuman dan rasanya yang menggoda membuat anak sekolah biasanya menghabiskan uang mereka disalah satu pedagang , mungkin pedangan minuman blender, sosis goreng, Burger, Roti, Bubur, gorengan, mie ayam, atau apapun jenisnya.


6. Usaha tambal ban / bengkel kecil

Sekali lagi, tolong jangan kaget, karena kebebasan yang dianut oleh para pelajar kita khususnya siswa SMA yang diberikan kebebasan untuk membawa kendaraan motor (seperti motor, atau pun mobil : khusus mobil, mungkin ada beberapa sekolah yang mengizinkannya). Dengan kebebasan tersebut, maka usaha ini sangat membantu mereka. Apalagi jika terjadi kerusakan pada motor, atau mungkin ban kempes / bocor. Nah, oleh karenanya, usaha ini sangat dekat dengan anak sekolahan, terutama siswa SMA.

7. Usaha Jus Buah

Apa bedanya dengan Jajanan? Tentu ada, kalau usaha yang satu ini, lebih kepada niat untuk berbisnis secara serius dan secara terorganisir. Karena, usaha jus buah biasanya sudah membuka cabang lebih dari satu. Dan dengan harga berkisar antara Rp. 6.000 hingga Rp. 13.000 (tergantung jenis buah dan kombinasinya) salah satu usaha yang tergolong sebagai jajanan ini bisa lekat dengan anak sekolah.
Yap, apapun usahanya, sengaja atau tidak sengaja dibangunnya, usaha tersebut sangat lekat dengan pelajar kita (sebut saja : Anak sekolahan) karena fungsinya yang juga mendukung kegiatan mereka sekolah.

Tertarik membangun salah satunya?...

15 Komentar:

Insyallah saya akan melakoni usaha yang Jualan pulsa.
Soalnya ane udah malu selalu minta uang sama orang tua.
Pengen mandiri dikitlahh

Saya doakan sukses! :)

terimakasih atas infonya, infonya sangat menarik, dan memvotivasi kami untuk membuka salah satu usaha tersebut... :)

kalau untk usaha sperti d atas prlu modal bsar trus prlu kroscek resiko usaha juga...
gk ad jenis usaha sderhana yg pake modal sdikit tapi pnya peluang usaha yg d minati anak2 skolah...??

Ini masih beberapa usaha hasil riset saya yang memang banyak ditemui disekitar lokasi sekolah berdiri. Mungkin, ada lagi usaha lainnya yang modalnya sedikit namun berprospek cerah.

Postingan ini sifatnya hanya refrensi aja, tidak mutlak karena usaha kan sewaktu-waktu dapat berubah tergantung minat pasar :)

chippz . . .boleh . . Boleh . . .

Mampir ke blog ane juga yah gan. www.qonitaazkia.blogspot.com thx b4 :))

istimewa gan, makasih y gan.
blog nya bagus gan.
mampir k saya jga y gan sapa tau bisa tukar informasi..:)
www.ariyantoeko77.blogspot.com

gan saya tampilkan di blog saya bleh gan?nanti tak kasih alamat blog anda gan di bawahnya.:)

Apa masih ada usaha yang lain kalau yang diatas itu sudah banyak yang menjalankam

saya pengalaman dagang depan sekolah sd saya gak bohong wajtu itu daya jual mainan anak2di campur dengan minuman....nyari duit gedenta seratus ribu di jamin nemu apalgi orang yg punya kreatifitas lumayan modal gak sampai satu juta gelar klo lebih lebih bagus percayalah jangan ragu buat maju klo ada yg mau tanya mendetail kunjungi fb saya raden.tony1

saya punya temen cuma dagang telor gulung bisa kebeli motor sama bangun rumah yg penting klo mau usaha di sekolah modal gak penting yg penting bila kita dagang usahakan jangan nyama'in beda dikit bayar kebersihan paling gedenya dua ribu perak dan yg terpenting belajar berbaur sesama pedagang insyaallah pasti beres ingat modal bukan segalanya yg penting niat....saya pernah dagang modal cuma 20.000 tp karena kemauan saya keras dan gak malu saya berhasil saya dagang di klender buaran satu insallah nama saya masih tenar walaupun saya sekarang udah di kapal

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, gunakanlah nama asli Anda dan berkomentarlah dengan kata - kata yang sopan tanpa ada unsur pornografi. Untuk feedback lebih lanjut silahkan kunjungi tombol SUPPORT disebelah kanan halaman Anda.